Monday, February 19, 2018

Dimana Makam WA Baron Baud Sebenarnya?



Bagi kalian yang pernah tinggal di Jatinangor dan pernah membaca sejarah tentang Jatinangor pasti sudah tidak asing mendengar nama Willem Abraham Baud atau Baron Baud. Ya, beliau adalah tuan tanah sekaligus pemilik perkebunan di Jatinangor yang berdiri tahun 1800-an.
Menurut catatan dibanyak laman web di internet ada beberapa situs bersejarah peninggalan masa kolonial masa lalu salah satunya adalah makam  Willem Abraham Baud dan makan anaknya,
Baronesse Ida Louise Junia Baud atau yang lebih dikenal dengan Mimosa
yang terletak di komplek kampus ITB Jatinangor

Tadinya saya meyakini benar jika kedua makam tersebut adalah makam milik mereka berdua, namun baru-baru ini saya kembali meneliti sejarah Jatinangor melalui situs-situs internet yang resmi contohnya saja Arsip Nasional Belanda dan beberapa lainnya, saya menemukan fakta bahwa Baron Baud memang meninggal di Jatinangor, namum dimakankan di daerah Desa Bolang, Cilacap Jawa Tengah. Ini adalah laman web yang menunjukan fakta tersebut http://geneagraphie.com/showmedia.php?mediaID=12327&cemeteryID=7

Saya meyakini betul itu adalah benar makan Baron Baud yang sebenarnya karena bahkan disana tertulis namanya, namun sekarang ada pertanyaan baru. Lalu siapa yang dimakamkan di Jatinangor yang selama ini diyakinkan sebagai makan Baron Baud? Semoga lain kesempatan saya bisa kembali ke Jatinangor dan meneliti hal ini dan mungkin saya bisa ke Desa Bolang Cilacap untuk mengkonfirmasi secara langsung mengenai makan Baron Baud yang sebenarnya. 

Saya harap juga ada pembaca tulisan ini yang bisa memberi informasi mengenai hal ini

No comments:

Post a Comment

Suatu Tempat di Jatinangor